Rabu, 19 Februari 2014

training ak3 umum

training ak3 umum .... Bagi sebuah perusahaan, memiliki gelar “lulus sertifikasi” yaitu satu hal diperlukan. Sebab, perusahaan yang sudah mengantongi sejumlah akta kelayakan akan mampu melakukan usaha hingga level internasional. Fenomena sertifikasi itu sendiri merupakan suatu hal yang wajib untuk seluruh perusahaan dalam Nusantara. Hal itu sebagaimana dicantumkan dalam syarat kementrian tenaga kerja pada tahun 2003 lalu.

Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja (SMK3) yaitu komponen dari manajemen suatu perusahaan atau organisasi secara keseluruhan. SMK3 menjadi patokan untuk perencanaan, kegiatan, evaluasi dan poengendalian resiko kesehatan dan kecelakaan kerja. Di Indonesia sendiri, masalah keselamatan kerja duga diatur dalam UU No. 1 Tahun 1970 akan halnya keselamatan kerja, dan penerapan SMK3 diatur lebih lanjut dalam Peraturan Penguasa negara No. 52 Tahun 2012.


Menurut Peraturan Pemerintah ini, seluruh pemberi kerja atau perusahaan yang memiliki karyawan minimal 100 orang atau bergerak dalam sektor yang sensitif terhadap kecelakaan kerja (seperti perusahaan tambang, pabrik kimia, atau perusahaan konstruksi) wajib menerapkan SMK3. Dengan penerapan yang pasti, SMK3 perusahaan dapat menjadi perlengkapan untuk menciptakan daerah sekeliling kerja yang aman dan sehat serta meminimalisir kekuatan kerugian ataupun kecelakaan.

Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Aman dan Sehat :

Tetapkan Niat dan Komitmen
Dalam hal ini, keikutsertaan menejer sangatlah dibutuhkan dalam perusahaan. Sebab, menejer inilah yang bertanggung jawab untuk mengatur bagaimana agar sistem-sistem itu dalam kepada dapat dijalankan di dalam perusahaan. Berhubung tugas yang diemban itu sangat berat, oleh karena itu menejer harus benar-benar memiliki komitmen yang kuat agar tidak malahan meninggalkan perusahaan dalam tengah jalan. Penerapannya, menejer utama dapat meluangkan waktu untuk rapat besar bersama seluruh awak perusahaan dan bersama-sama membulatkan komitmen untuk melakukan penerapan smk3.

Lakukan investasi dalam sektor sumber kapasitas manusia
Untuk tubuh usaha yang berorientasi profit, wajar jika kamu berharap karyawan yang hidup untuk kamu sudah siap pakai, dalam artian mereka memahami job deskripsi dengan baik dan memahami unsur-unsur keselamatan kerja. Namun, tidak ada salahnya kamu berinvestasi dengan melepaskan pelatihan akan halnya SMK3 untuk karyawan.Dapatkan Sertifikasi SMK3
Pelatihan SMK3 untuk karyawan merupakan satu diantara tips untuk mendapatkan sertifikasi Occipational Health and Safety Assessment Series, atau sertifikasi OHSAS 18001. Sertifikasi ini berstandar dunia, dan digunakan untuk alat untuk memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja. Terdapat sejumlah efek yang diperoleh perusahaan dengan mendapatkan sertifikasi ini, antara lain yaitu: pencegahan kecelakaan kerja, meminimalkan dana kompensasi dan klaim asuransi, meningkatkan daya produksi dan loyalitas karyawan, dan memperbaiki image perusahaan di mata rakyat.

Penyuluhan
Agar penerapan smk3 lebih optimal, berikanlah penyuluhan pada seluruh pegawai perusahaan. Berikan kesempatan pada mereka untuk bertanya mengenai kegunaan dan manfaat smk3 perusahaan, alasan mengapa sitem kerja diubah, serta tujuan akhir perusahaan untuk mengikuti bermacam-macam sertifikasi yang sudah disebutkan di atas. Paling tidak, langkah ini akan meningkatkan kesadaran pegawai untuk menjaga lingkungan kerja, jadi kemungkinan untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 14001 akan lebih besar.

Cari tahu mengenai siapa konsultan yang akan diterjunkan ke lapangan. Usahakan untuk bertatap muka langsung dengan konsultan guna mengukur kemampuannya.

SMK3 kadang hanyalah satu standar manajemen yang wajib dipenuhi oleh sebuah perusahaan. Kendati demikian, reputasi sebuah perusahaan tidak cuma tergantung pada petunjuk yang digaris-bawahi oleh SMK3, namun pula tergantung pada penilaian dari pihak luar perusahaan terhadap standar SMK3 yang sudah dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan yang berencanan menerapkan smk3 konstruksi mendapatkan kesempatan untuk memperoleh Sertifikasi OHSAS 18001. Sertifikasi ini diperlukan guna mendapatkan pengesahan untuk kualitas sistem manajemen yang dimiliki sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan pula dapat bekerjasama dengan konsultan untuk memastikan kalau rancangan SMK3 sudah sesuai dengan standar yang disyaratkan sertifikasi itu.

Dengan memperhatikan beberapa hal itu natinya akan mendapatkan perusahaan kontraktor yang sesuai dengan keinginan dan pula kerugian pula tidak akan menghampiri. Untuk mencegah kerugian sendiri memang dibutuhkan ketelitian dalam memilih perusahaan konstruksi dan jangan pernah terkecoh dengan harga yang murah karena kualitasnya belum tentu indah pula jadi memang di dalam memilih perusahaan konstruksi harus berhati - hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar