Rabu, 19 Februari 2014

Sertifikasi ISO 27001

Sertifikasi ISO 27001 ... Bila anda mengikuti perkembangan pemberitahuan pada beberapa hari terakhir, anda mungkin sempat mendengar akan halnya kasus ledakan tambang di Kota Sawahlunto, Propinsi Sumatera Barat. Ledakan yang diperkirakan berlangsung akibat dari sambaran gas metan di dalam lubang tambang ini merupakan satu diantara domain dari bentuk manajemen kesehatan keselamatan kerja, atau SMK3 perusahaan tambang. Pemberitahuan yang terus-menerus dari media massa terkait kasus-kasus keselamatan dan kesehatan kerja membuat warga semakin sadar akan pentingnya penerapan SMK3.

Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja (SMK3) yaitu komponen dari manajemen suatu perusahaan atau organisasi secara keseluruhan. SMK3 menjadi patokan untuk perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan poengendalian resiko kesehatan dan kecelakaan kerja. Di Indonesia sendiri, masalah keselamatan kerja duga diatur pada UNDANG-UNDANG No. 1 Tahun 1970 akan halnya keselamatan kerja, dan penerapan SMK3 diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2012.


SMK3 konstruksi mengisyaratkan beberapa tahapan agar sistem menjadi lebih efektif, sebab itulah ada beberapa persyaratan dan elemen-elemen khusus yang harus dibangun, ditingkatkan, maupun ditinjau ulang secara terus-menerus sambil sebuah organisasi atau perusahaan. Buat menerapkan SMK3 perusahaan, beberapa langkah awal perlu dilakukan dan dicermati betul. Berikut rinciannya:

Yang pertama, , sebuah perusahaan harus mempersiapkan langkah awal untuk menerapkan SMK3, yang meliputi kesiapan anggota, dan mencari tahu komitmen serta sumber daya yang paling dibutuhkan untuk mempersiapkan sistem tersebut dan tentukan komitmen manajemen dengan baik,, agar ruang lingkup yang mau dikelola sambil sistem menjadi jelas.

Mencari perusahaan kontraktor yang mempunyai surat izin dan pula sertifikat - sertifikat resmi sebagaimana Sertifikasi ISO 14001, Sertifikasi ISO 22000, Sertifikasi OHSAS 18001, Sertifikasi ISO 27001, Sertifikasi CE-Mark, Sertifikasi ISO 50001 dan pula yang lainnya.

Dapatkan sertifikasi lingkungan
Sertifikasi bentuk manajemen lingkungan dikenal Sertifikasi ISO 14001. Sertifikasi ini diperlukan oleh hampir seluruh perusahaan, yang menggambarkan tanggung jawab perusahaan terhadap keselamatan lingkungan di sekitarnya.

Pastikan kalau perusahaan memilih konsultan yang mempunyai kompetensi yang pas di bidang SMK3. Konsultan yang mempunyai kompetensi luar biasa adalah konsultan yang tidak hanya berfokus pada pembuatan dokumen SMK3 saja.

Dan yang tak kalah penting pada memilih perusahaan konstruksi adalah penerapan smk3 sebab dengan adanya sesuatu itu pasti aja perusahaan konstruksi akan lebih professional. Selain itu masih jumlah lagi yang bisa diperhatikan di dalam memilih perusahaan yang nantinya akan anda percaya untuk menangani pembangunan konstruksi.

Singkatnya, sertifikasi-sertifikasi ini merupakan ‘tool’ untuk meningkatkan kepercayaan rakyat, dan menyusun nama baik perusahaan. Namun, Sertifikasi OHSAS 18001 pula bisa berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, memanfaatkan sumber kompetensi secara efektif, menghemat penggunaan sumber daya, sebagaimana listrik, air, atau bahan bakar, serta meminimalisir efek operasi perusahaan terhadap lingkungan sekitar, dan pada hasilnya, meningkatkan kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar