Rabu, 19 Februari 2014

smk3 perusahaan

smk3 perusahaan .... Jika kamu mengikuti kemajuan pemberitahuan dalam sejumlah hari terakhir, kamu kiranya sempat mendengar tentang peristiwa ledakan tambang di Kota Sawahlunto, Propinsi Sumatera Barat. Ledakan yang diperkirakan terjadi akibat dari sambaran gas metan di dalam lubang tambang ini adalah satu diantara domain dari sistem manajemen kesehatan keselamatan kerja, atau SMK3 perusahaan tambang. Pemberitaan yang terus-menerus dari media massa terkait kasus-kasus keselamatan dan kesehatan kerja menciptakan masyarakat semakin sadar akan pentingnya penerapan SMK3.

Menurut Peraturan Pemerintah ini, seluruh pemberi kerja atau perusahaan yang memiliki karyawan minimal 100 orang atau bergerak di sektor yang sensitif terhadap kecelakaan kerja (seperti perusahaan tambang, industri kimia, atau perusahaan konstruksi) wajib menerapkan SMK3. Dengan penerapan yang tepat, SMK3 perusahaan bisa menjadi alat untuk menciptakan lingkungan kerja yang tenteram dan sehat serta meminimalisir potensi kerugian atau kecelakaan.


Trik memilih perusahaan konstruksi
Dalam memilih perusahaan kostruksi juga kudu memperhatikan beberapa sesuatu supaya nantinya tak akan merugikan kamu dan juga memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan kamu. Tentang hal beberapa tips tersebut adalah sebagaimana:

Yang pertama, , sebuah perusahaan harus mempersiapkan langkah awal untuk menerapkan SMK3, yang meliputi kesiapan anggota, dan mencari tahu komitmen dan sumber kemampuan yang paling dibutuhkan untuk mempersiapkan sistem tersebut dan tentukan komitmen manajemen dengan baik,, supaya ruang lingkup yang ingin dikelola sambil sistem menjadi jelas.

Bentuk Kelompok Penerapan
Mengingat sebuah perusahaan yaitu satu tempat kerja yang besar, tentunya komitmen untuk penerapan smk3 tak dapat dilakukan secara besar-besaran. Hal ini harus dimulai daripada petingginya dulu supaya memberikan contoh pada pegawai. Kemudian, perlahan tularkan smk3 perusahaan itu pada mereka dengan memberikan pengertian tentang baik buruknya perusahaan bila memakai sistem yang baru itu training ak3 umum. Oleh karena itu, sebelum betul-betul menerapkan sistem ini di perusahaan, terlebih dulu para menejer kudu mengikuti training ak3 biasa untuk mendapatkan pengetahuan dasarnya. Supaya lebih sukses, terapkan metode kelompok per-unit dengan menunjuk satu ketua yang sebelumnya bertanggung jawab kepada masing-masing unit yang terdapat. Setelah sistem berjalan, lakukan peninjauan terhadap efek penerapan sistem.

Sebaiknya jangan tertarik dengan harga yang murah sebab harga murah, kualitasnya juga belum tentu baik, bila ada promo - promo ada baiknya bila kamu menganalisa terlebih dahulu supaya nantinya tak terkecoh dengan harga sebab bila harga murah mutu kurang bagus takutnya pada bangunannya nanti akan mudah rusak dan juga rubuh.

Sejumlah hal butuh diperhatikan bila sebuah perusahaan memakai jasa konsultan:

Cermat reputasi konsultan yang dipilih. Cari tahu apakah ia dapat bekerja sama dan memiliki motivasi untuk memuaskan kliennya. Identitas konsultan dan cara kerja mereka, dan juga mutu kerja mereka menjadi penting untuk diperhatikan sambil perusahaan yang meminta jasa konsultan terkait dengan sertifikasi SMK3.

Dan yang tidak kalah penting dalam memilih perusahaan konstruksi adalah smk3 perusahaan sebab dengan adanya sesuatu itu tentu aja perusahaan konstruksi akan lebih professional. Selain itu masih banyak lagi yang dapat diperhatikan di dalam memilih perusahaan yang nantinya akan kamu percaya untuk menangani pembangunan konstruksi.

Singkatnya, sertifikasi-sertifikasi ini adalah ‘tool’ untuk meningkatkan keyakinan publik, dan menyusun reputasi perusahaan. Namun, sertifikasi OHSAS 18001 juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan keyakinan konsumen, memanfaatkan sumber daya secara efektif, menghemat penggunaan sumber kemampuan, sebagaimana listrik, air, atau bahan bakar, dan meminimalisir efek operasi perusahaan terhadap lingkungan sekitar, dan pada hasilnya, meningkatkan kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar