Rabu, 19 Februari 2014

Sertifikasi OHSAS 18001

Sertifikasi OHSAS 18001 ..... Dunia bisnis sekarang ini memang sedang berkembang sebab memang dalam perkembagngan bisnis ditunjang oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih. Sekarang ini banyak sekali bisnis dalam berbagai bidang, banyak bisnis yang dijalankan secara offline maupun online. Selain itu juga tersedia banyak sekali bisnis yang amat menjanjikan sehinnga banyak orang yang berminat untuk menjalankan bisnis, salah satunya ialah bisnis konstruksi. Usaha konstruksi otonom adalah suatu bisnis yang bergerak dalam bidang pembangunan bangunan mulai dari rumah, flat, ruko, mall dan juga bangunan yang lainnya. Lazimnya yang dipakai ialah jasa konstruksi itu sendiri dan yang bertugas untuk menangani kostruksi - konstruksi itu ialah kontraktor.

Menurut Peraturan Pemerintah ini, seluruh pemberi kerja atau perusahaan yang mempunyai karyawan minimal 100 orang atau bergerak dalam sektor yang sensitif terhadap kecelakaan kerja (seperti perusahaan tambang, industri kimia, atau perusahaan konstruksi) wajib menerapkan SMK3. Dengan penerapan yang tepat, SMK3 perusahaan dapat menjadi perlengkapan untuk menciptakan daerah sekeliling kerja yang tenteram dan sehat serta meminimalisir potensi kerugian atau kecelakaan.


Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Tenteram dan Sehat

Bila kamu bergerak dalam sektor yang rawan kecelakaan atau masalah kesehatan kerja, telah saatnya kamu menerapkan SMK3 perusahaan Sertifikasi ISO 27001. Berikut adalah sejumlah trik yang dapat kamu terapkan untuk menciptakan daerah sekeliling kerja yang kondusif dan bebas dari kecelakaan:

Yang pertama, , sebuah perusahaan harus mempersiapkan langkah mula untuk menerapkan SMK3, yang meliputi kesiapan anggota, dan mencari tahu komitmen serta sumber kapasitas yang paling dibutuhkan untuk mempersiapkan sistem tersebut dan tentukan komitmen manajemen dengan baik,, agar ruang lingkup yang mau dikelola oleh sistem menjadi jelas.

Lakukan investasi dalam sektor sumber kapasitas manusia
Sebagai badan usaha yang berorientasi profit, wajar jika kamu berharap karyawan yang bekerja untuk kamu telah siap mengenakan, dalam artian mereka mengerti job deskripsi dengan baik dan mengerti unsur-unsur keselamatan kerja. Namun, tak ada salahnya kamu berinvestasi dengan melepaskan pelatihan akan halnya SMK3 untuk karyawan.Dapatkan Sertifikasi SMK3
Pelatihan SMK3 untuk karyawan adalah salah satu cara untuk memperoleh sertifikasi Occipational Health and Safety Assessment Series, atau Sertifikasi ISO 14001. Sertifikasi ini berstandar dunia, dan digunakan sebagai alat untuk memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja. Tersedia sejumlah efek yang diperoleh perusahaan dengan memperoleh sertifikasi ini, antara lain ialah: pencegahan kecelakaan kerja, meminimalkan dana kompensasi dan klaim asuransi, meningkatkan produktivitas dan loyalitas karyawan, dan memperbaiki image perusahaan di mata rakyat.

menetapkan gugus dasar tim kerja, dalam mana aka nada banyak orang terlihat pada berbagai bidang yang digarap oleh perusahaan.

Dalam rincian di atas mengenai perencanaan SMK3 perusahaan, tampaknya yang paling penting yaitu penyusunan komitmen bersama. Tips terpenting yang patut diikuti oleh sebuah perusahaan dan/atau organisasi yang bermaksud menerapkan SM3 adalah menyadari bahwa SMK3 telah menjadi kewajiban mutlak yang harus dipenuhi oleh seluruh perusahaan yang beroperasi dalam Indonesia. Sistem manajemen K3 pada intinya menekankan pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja, dalam mana keduanya penting untuk kemajuan dan kelangsungan hidup perusahaan.

Cari tahu tentang siapa konsultan yang akan diterjunkan ke lapangan. Usahakan untuk bertatap muka langsung dengan konsultan guna mengukur kemampuannya.

SMK3 kadang hanyalah satu standar manajemen yang wajib dipenuhi oleh sebuah perusahaan. Kendati demikian, reputasi sebuah perusahaan tak cuma tergantung pada petunjuk yang digaris-bawahi oleh SMK3, namun juga tergantung pada penilaian dari pihak luar perusahaan terhadap standar SMK3 yang telah dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan yang berencanan menerapkan SMK3 memperoleh kesempatan untuk memperoleh Sertifikasi ISO 22000. Sertifikasi ini penting guna memperoleh pengesahan untuk kualitas sistem manajemen yang dimiliki sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan juga dapat bekerjasama dengan konsultan untuk memastikan bahwa rancangan SMK3 telah pantas dengan standar yang disyaratkan sertifikasi itu.

Singkatnya, sertifikasi-sertifikasi ini merupakan ‘tool’ untuk meningkatkan keyakinan rakyat, dan membangun reputasi perusahaan. Namun, sertifikasi OHSAS 18001 juga dapat berguna untuk meningkatkan keyakinan konsumen, memanfaatkan sumber kapasitas secara efektif, menghemat penggunaan sumber kapasitas, seperti listrik, air, atau bahan bakar, serta meminimalisir efek operasi perusahaan terhadap daerah sekeliling sekitar, dan pada hasilnya, meningkatkan kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar