Rabu, 19 Februari 2014

Sertifikasi CE-Mark

Sertifikasi CE-Mark ... Untuk sebuah perusahaan, memiliki gelar “lulus sertifikasi” adalah satu hal penting. Karena, perusahaan yang sudah mengantongi sejumlah sertifikat kelayakan akan bisa melaksanakan usaha sampai level internasional. Fenomena sertifikasi ini sendiri merupakan suatu hal yang wajib bagi seluruh perusahaan di Nusantara. Hal ini sebagaimana dicantumkan dalam peraturan kementrian tenaga kerja di tahun 2003 lalu.

Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja (SMK3) adalah komponen dari manajemen suatu perusahaan atau organisasi secara keseluruhan. SMK3 menjadi patokan untuk perencanaan, pelaksanaan, evaluasi & poengendalian resiko kesehatan & kecelakaan kerja. Di Indonesia sendiri, masalah keselamatan kerja telah diatur dalam UNDANG-UNDANG No. 1 Tahun 1970 akan halnya keselamatan kerja, & penerapan SMK3 diatur lebih lanjut dalam Syarat Penguasa negara No. 52 Tahun 2012.


Trik memilih perusahaan konstruksi
Dalam memilih perusahaan kostruksi juga harus memperhatikan beberapa sesuatu agar nantinya tak akan merugikan anda & juga memberikan pelayanan yang pantas dengan keinginan anda. Tentang hal beberapa tips tersebut ialah sebagaimana:

Memilih perusahaan kontraktor yang professional & memiliki mutu yang begus, sesuatu tersebut dapat diketahui secara cara mencari informasi sama banyaknya - banyaknya agar nantinnya dalam memperoleh perusahaan kontraktor dapat sesuai dengan keinginan & juga dapat puas.

Mencari perusahaan kontraktor yang memiliki surat izin & juga sertifikat - sertifikat resmi sebagaimana Sertifikasi ISO 14001, Sertifikasi ISO 22000, Sertifikasi OHSAS 18001, Sertifikasi ISO 27001, Sertifikasi CE-Mark, Sertifikasi ISO 50001 & juga yang lainnya.

Penyuluhan
Supaya penerapan smk3 lebih optimal, berikanlah penyuluhan di seluruh pegawai perusahaan. Berikan kesempatan di itu untuk bertanya mengenai kegunaan & manfaat smk3 perusahaan, alasan mengapa sitem kerja diubah, serta tujuan akhir perusahaan untuk mengikuti bermacam-macam sertifikasi yang sudah disebutkan di atas. Paling tidak, langkah ini akan meningkatkan kesadaran pegawai untuk menjaga lingkungan kerja, jadi kemungkinan untuk memperoleh Sertifikasi ISO 27001 akan lebih besar.

Pastikan bahwa perusahaan memilih konsultan yang memiliki kompetensi yang pas di bidang SMK3. Konsultan yang memiliki kompetensi luar lazim ialah konsultan yang tak cuma berfokus di pembuatan dokumen SMK3 saja.

SMK3 kadang hanyalah satu standar manajemen yang wajib dipenuhi oleh sebuah perusahaan. Kendati demikian, reputasi sebuah perusahaan tak cuma tergantung di petunjuk yang digaris-bawahi oleh SMK3, namun juga tergantung di penilaian dari pihak luar perusahaan terhadap standar SMK3 yang sudah dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan yang berencanan menerapkan SMK3 memperoleh kesempatan untuk memperoleh Sertifikasi ISO 27001. Sertifikasi ini penting guna memperoleh pengesahan untuk mutu sistem manajemen yang dimiliki sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan juga dapat bekerjasama dengan konsultan untuk memastikan bahwa rancangan SMK3 sudah pantas dengan standar yang disyaratkan sertifikasi tersebut.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut natinya akan memperoleh perusahaan kontraktor yang pantas dengan keinginan & juga kesusahan juga tak akan menghampiri. Untuk mencegah kerugian sendiri memang dibutuhkan ketelitian dalam memilih perusahaan konstruksi & jangan pernah terkecoh secara harga yang murah karena kualitasnya belum tentu indah juga jadi memang di dalam memilih perusahaan konstruksi harus berhati - hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar