Rabu, 19 Februari 2014

Sertifikasi ISO 22000

Sertifikasi ISO 22000 ..... Bagi sebuah perusahaan, mempunyai gelar “lulus sertifikasi” ialah satu hal penting. Karena, perusahaan yang telah mengantongi sejumlah akta kelayakan akan bisa melakukan usaha hingga level internasional. Fenomena sertifikasi itu sendiri merupakan suatu hal yang wajib untuk seluruh perusahaan dalam Nusantara. Hal itu sebagaimana dicantumkan dalam peraturan kementrian tenaga kerja pada tahun 2003 lalu.

Menurut Peraturan Pemerintah ini, seluruh pemberi kerja atau perusahaan yang mempunyai karyawan minimal 100 orang atau bergerak dalam sektor yang rentan terhadap kecelakaan kerja (seperti perusahaan tambang, pabrik kimia, atau perusahaan konstruksi) wajib menerapkan SMK3. Dengan penerapan yang tepat, SMK3 perusahaan dapat menjadi perlengkapan buat menciptakan lingkungan kerja yang aman & sehat serta meminimalisir potensi kerugian ataupun kecelakaan.


Menurut Peraturan Pemerintah ini, seluruh pemberi kerja atau perusahaan yang mempunyai karyawan minimal 100 orang atau bergerak dalam sektor yang rentan terhadap kecelakaan kerja (seperti perusahaan tambang, pabrik kimia, atau perusahaan konstruksi) wajib smk3 konstruksi. Dengan penerapan yang tepat, SMK3 perusahaan dapat menjadi perlengkapan buat menciptakan lingkungan kerja yang aman & sehat serta meminimalisir potensi kerugian ataupun kecelakaan.

Trik Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Aman & Sehat :

Memilih perusahaan kontraktor yang professional & mempunyai mutu yang begus, hal itu dapat diketahui dengan cara mencari info sebanyak - banyaknya agar nantinnya di dalam memperoleh perusahaan kontraktor dapat sesuai dengan keinginan & juga dapat puas.

pada langkah mula, perusahaan harus cepat menetapkan kelompok penerapan dan menentukan cara penerapan bentuk yang paling efisien dan perusahaan harus memetakan sumber kapasitas yang paling dibutuhkan guna menyokong penerapan sistem.

Penyuluhan
Supaya penerapan smk3 lebih optimal, berikanlah penyuluhan pada seluruh pegawai perusahaan. Berikan kesempatan pada mereka buat bertanya mengenai kegunaan & manfaat smk3 perusahaan, alasan mengapa sitem kerja diubah, dan tujuan akhir perusahaan buat mengikuti bermacam-macam sertifikasi yang telah disebutkan di atas. Paling tidak, langkah ini akan meningkatkan kesadaran pegawai buat menjaga lingkungan kerja, sehingga kemungkinan buat memperoleh Sertifikasi ISO 14001 akan lebih besar.

Pastikan kalau perusahaan memilih konsultan yang mempunyai kompetensi yang pas dalam bidang SMK3. Konsultan yang mempunyai kompetensi luar biasa ialah konsultan yang tidak cuma berfokus pada pengerjaan akta SMK3 saja.

SMK3 memang hanyalah satu standar manajemen yang wajib dipenuhi oleh sebuah perusahaan. Kendati demikian, nama baik sebuah perusahaan tidak cuma tergantung pada petunjuk yang digaris-bawahi oleh SMK3, namun juga tergantung pada penilaian dari pihak luar perusahaan terhadap standar SMK3 yang telah dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan yang berencanan menerapkan SMK3 memperoleh kesempatan buat memperoleh Sertifikasi ISO 27001. Sertifikasi ini penting guna memperoleh pengesahan buat mutu sistem manajemen yang dimiliki sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan juga dapat bekerjasama dengan konsultan buat memastikan kalau rancangan SMK3 telah pantas dengan standar yang disyaratkan sertifikasi itu.

Singkatnya, sertifikasi-sertifikasi ini adalah ‘tool’ buat meningkatkan kepercayaan rakyat, & membangun nama baik perusahaan. Namun, sertifikasi OHSAS 18001 juga dapat berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, memanfaatkan sumber daya secara efektif, menghemat penggunaan sumber kapasitas, seperti listrik, air, atau bahan bakar, dan meminimalisir efek operasi perusahaan terhadap lingkungan sekitar, & pada akhirnya, meningkatkan kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar